Manfaat dan Khasiat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diposting pada

 

Banyak orang mengenal buah delima dan mungkin banyak juga yang tidak mengetahui manfaat dan khasiat yang dapat diambil dari mengkonsumsi buah eksotis ini. Buah delima berasal dari dataran timur tengah dan mempunyai nama latin Punica Granatum. Buah delima mempunyai bentuk bulat dengan diameter 5 sampai 12 cm, warna kulitnya beragam dan mempunyai biji yang banyak berukuran kecil kecil. Pada biji buah delima inilah banyak mengandung senyawa polifenol yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain polifenol kandungan nutrisi, vitamin dan mineral lainnya pada buah delima yang dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan diantaranya adalah serat, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, kalsium, mangan, potassium dan lain sebagainya.

Buah delima dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan anti-oksidan yang paling tinggi diantara buah-buahan lainnya. Kandungan anti-oksidan pada buah delima tiga kali lebih banyak dibanding kandungan anti-oksidan pada buah anggur merah dan teh hijau. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition yang menyebutkan bahwa tingginya kandungan anti-oksidan pada buah delima sangat efektif mencegah terjadinya oksidasi kolesterol jahat (LDL) yang dapat merugikan kesehatan.

Berikut khasiat buah delima buat kecantikan serta kesehatan.

Mencegah Kanker,Tingginya kandungan flavonoid pada buah delima yang mempunyai sifat anti-oksidan sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Mengkonsumsi buah delima secara teratur dapat membantu mengurangi kadar PSA didalam tubuh serta membantu memerangi sel sel kanker yang ada didalam tubuh sehingga hal tersebut bisa mengurangi resiko terkena kanker prostat.

Mencegah penyakit jantung ,Menurut penelitian pada tahun 2005 dengan melibatkan 45 orang pasien penyakit jantung koroner yang diberikan asupan jus buah delima secara teratur selama jangka waktu tiga bulan menghasilkan aliran darah ke jantung dari 45 orang tersebut menjadi lebih lancar dan menurunnya resiko terkena serangan jantung. Hal tersebut terjadi karena kandungan punicalagin pada buah delima mempunyai manfaat menjaga arteri tetap fleksibel dan mengurangi terjadinya peradangan pada lapisan pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung dan otak menjadi lebih lancar.

Membantu menyehatkan dan menguatkan gigi, Salah satu khasiat terbaik dari buah delima dengan sifat anti-virus dan anti-bakterinya adalah dapat membantu mengurangi efek plak pada gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit yang menyerang mulut.

Menyehatkan sistem pencernaan, Kulit buah, kulit kayu dan daun delima mempunyai manfaat membantu mengatasi gangguan pada lambung atau diare. Selain itu jus buah delima juga mempunyai khasiat menangani penyakit pada sistem pencernaan lainnya seperti disentri dan kolera.

Mencegah anemia, terjadi karena kurangnya sel darah merah di dalam tubuh. Kandungan zat besi pada buah delima mempunyai khasiat untuk membantu mengatasi kekurangan sel sel darah merah di dalam tubuh sehingga dapat mencegah resiko terjadinya gejala anemia yang meliputi cepat merasa lelah, pusing dan gangguan pendengaran.

Mencegah osteoarthritis, adalah suatu gangguan pada sendi yang diakibatkan oleh inflamasi ringan yang timbul karena gesekan yang terjadi pada ujung-ujung tulang penyusun sendi (tulang rawan sendi). Buah delima mempunyai khasiat dapat menghambat enzim yang dapat merusak tulang rawan sendi.

Menurut penelitian yang telah dilakukan yang menyebutkan bahwa buah delima efektif mengurangi gejala radang sendi, peradangan tulang dan kerusakan tulang rawan. Oleh karena itu buah delima sangat dianjurkan bagi penderita osteoarthritis.

Membantu selama masa kehamilan, Buah delima mempunyai manfaat yang penting apabila dikonsumsi selama kehamilan. Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral pada buah delima termasuk asam folat didalamnya merupakan elemen penting pada masa prenatal. Kalium yang terkandung pada buah delima juga berfungsi mencegah terjadinya kram pada kaki yang umum terjadi pada ibu hamil dan apabila buah delima dikonsumsi secara teratur selama masa kehamilan, diketahui mempunyai khasiat menurunkan resiko kelahiran bayi prematur.

Membantu menjaga kesehatan kulit, Sifat anti-oksidan buah delima mempunyai khasiat membantu mencegah dan memperlambat proses penuaan dini dengan mengurangi garis halus pada wajah dan keriput yang disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung. Selain itu buah delima mempunyai manfaat mengencangkan kulit, membantu regenerasi sel-sel kulit dan mencegah timbulnya bintik-bintik gelap. Kandungan anti-oksidan polifenol pada buah delima juga dapat berkhasiat menghambat pertumbuhan kanker pada kulit.

Mencegah kerontokan rambut, Mengkonsumsi jus buah delima secara teratur dapat membantu memperkuat folikel rambut sehingga memperkuat rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *