8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Organ Tubuh

Diposting pada

 

Banyak sebagian orang yang mungkin masih belum mengetahui manfaat mengenai puasa bagi kesehatan tubuh. Bagi umat muslim puasa merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT yaitu dengan cara menahan diri dari mengkonsumsi makanan, minuman, dan menghindari diri dari perbuatan buruk serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa.

Berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan, ternyata banyak dari sebagian orang yang menyebutkan tentang berbagai macam manfaat puasa bagi kesehatan pada organ tubuh. Salah satu alasan baik yang didapat dari berpuasa yaitu dapat membatasi makanan dan minuman yang kurang baik bagi kesehatan tubuh, sehingga dampak buruk dari makanan dan minuman yang kurang sehat dapat diminimalkan.

Dan pada dasarnya puasa benar-benar sangat lah penting dan sangat dibutuhkan bagi kesehatan dalam organ tubuh manusia, sebagaimana manusia membutuhkan makan, bernafas, bergerak, dan juga tidur. Maka pada umumnya manusia sangat membutuhkan hal-hal seperti ini. Jika manusia tidak bisa tidur, makan selama rentang waktu yang lama maka ia akan sakit. Maka, tubuh manusia pun akan mengalami hal-hal yang buruk jika ia tidak berpuasa

1. Menjaga kesehatan jantung.
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pada saat berpuasa, maka akan terjadi peningkatan HDL (High Density Lipoprotein) dan apoprotein alfa 1, serta penurunan LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang sering disebut dengan koleterol jahat. Dan proses tersebut pastinya sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah. Tingginya kadar LDL akan membahayakan bagi kesehatan jantung, dikarenakan hal tersebut dapat berpotensi sebagai penumpukan pada dinding pembuluh nadi koroner, yang akan menyebabkan terjadinya suatu penyempitan dan penyumbatan aliran darah. Hal ini dapat mengakibatkan jantung akan menjadi kesulitan untuk memompa darah. Namun aktivitas puasa ternyata mampu menurunkan LDL pada tubuh.

2. Membuang racun dalam tubuh.
Sebenarnya tidak dapat dipungkiri bahwa gaya hidup pada zaman sekarang ini akan cenderung lebih mengedepankan segala sesuatu nya yang bersifat instan, termasuk dalam hal makanan. Dan berdasarkan faktanya, makanan yang bersifat siap saji ini ternyata banyak mengandung zat kimia yang dapat menjadi kan racun serta dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh. Namun ternyata aktivitas puasa dapat menghilangkan racun yang sebagian besar tersimpan pada lemak tubuh. Karena pada saat berpuasa lemak akan dibakar, sehingga terjadi proses detoksifikasi atau pembuangan racun yang ada di dalam tubuh.

3. Memperlancar sistem pencernaan.
Selama berpuasa, maka organ-organ pencernaan yang berada didalam tubuh akan beristirahat. Namun fungsi fisiologis dalam pencernaan tetap berjalan secara normal, terutama produksi sekresi dalam pencernaan. Sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh serta membersihkan tubuh dari sisa-sisa atau endapan makanan yang lainnya. Pengolahan makanan dalam sistem pencernaan juga akan tetap stabil, pelepasan energi juga dapat mengikuti pola yang bertahap. Puasa juga akan membuat sistem pencernaan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya.

4. Menurunkan hipertensi.
Ternyata puasa juga merupakan menjadi salah satu metode sebagai penurunan tekanan pada darah tinggi. Serta suasana spiritual yang tenang dan jauh dari amarah ternyata dapat membuat adrenalin menjadi menurun serta dapat menjadikan hormon menjadi lebih stabil dari sebelumnya. Dan hal ini juga mampu menurunkan tekanan pada darah yang berada didalam tubuh.

5. Mengurangi gula darah dan lemak.
Ternyata selama berpuasa tubuh kita telah melakukan peningkatan pada glukosa agar dapat memperoleh energi. Dan glukagon ternyata juga diproduksi dengan tujuan untuk membantu pemecahan pada glukosa. Maka hal ini akan berdampak pada pengurangan produksi insulin, yang dengan demikian akan mengurangi gula darah yang ada di dalam tubuh. Dan pada saat produksi glukosa habis, maka lemak yang tersimpan juga akan terbakar dengan tujuan untuk menghasilkan energi. Ternyata puasa juga mampu membakar lemak tanpa harus melakukan diet secara berlebihan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Pada dasarnya puasa berdeda dengan starvasi atau yang dimaksud dengan kelaparan, dalam arti sedang dalam keadaan tertentu sudah pasti akan dapat sangat mengganggu kesehatan pada organ tubuh manusia, namun puasa justru sebaliknya. Pada saat kita berpuasa maka akan terjadi peningkatan limfosit pada tubuh, yang dapat memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap sistem kekebalan pada tubuh. Sehingga imunitas pada tubuh akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang oleh virus dan penyakit.

7. Memperbaiki fungsi ginjal.
Pada saat berpuasa pengurangan dalam mengkonsumsi air ternyata sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi pada urin yang ada didalam ginjal, serta dapat meningkatkan kekuatan pada osmosis urin hingga mencapai 12.000 ml osmosis/kg air. Hal ini lah yang disebabkan akan sangat baik bagi kinerja dan fungsi ginjal. Selain itu, pengurangan pada konsumsi air juga dapat meminimalkan volume air yang ada di dalam darah, sehingga mampu memacu kinerja pada mekanisme lokal dan pengatur pembuluh darah serta dapat menambah prostaglandin yang pada akhirnya akan memacu fungi dan kerja pada sel darah merah.

8. Mengatasi masalah peradangan .
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat mempromosikan penyembuhan pada penyakit peradangan atau alergi. Contoh dari penyakit peradangan yang dimaksud yaitu seperti rematik atau rheumatoid arthritis, dan penyakit kulit seperti psoriasis. Beberapa ahli lain juga menyatakan bahwa puasa dapat meningkatkan penyembuhan pada penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang didapat pada saat berpuasa, namun anda harus berhati-hati juga. Untuk orang yang memiliki masalah dengan penyakit nyeri pada bagian ulu hati dan ulkus peptikum, wanita hamil, ibu menyusui, orang dengan aritmia pada jantung, masalah ginjal atau hati, sebaiknya sebelum berpuasa anda berkonsultasi dengan ahli kesehatan agar memperolehnasehat yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *